Aktivitas impor atau pengiriman barang dari luar negeri ke Indonesia dan ekspor yakni cara pengiriman paket ke luar negeri, tentunya mempunyai beberapa manfaat baik itu manfaat secara umum ataupun secara khusus.

Dengan adanya impor, kebutuhan barang-barang di dalam negeri dapat terpenuhi dan membuat harga-harga barang menjadi stabil.

Beberapa negara menjadi importir terbesar ke negara Indonesia, diantaranya adalah negara Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan. Selain dari ketiga negara tersebut Indonesia juga menerima impor dari negara-negara lain di dunia, termasuk impor Amerika Serikat.

Lalu, apa saja sih manfaat aktivitas impor barang yang didapatkan oleh warga negara Indonesia?

Memperoleh Barang Tertentu

Setiap negara mempunyai komoditas masing-masing yang mungkin saja tidak dimiliki oleh negara lain. Ini disebabkan oleh faktor geografis atau faktor-faktor lainnya.

Contohnya seperti kurma, buah ini tumbuh subur di negara-negara timur tengah, namun tidak di Indonesia. Dengan impor orang-orang Indonesia dapat merasakan kelezatan buah yang menjadi favorit ketika memasuki bulan Ramadhan ini.

Pun halnya dengan komoditas lain, setiap negara umumnya memiliki komoditas unggulan tersendiri untuk di jual di pasar internasional, termasuk Indonesia. Saat ini Indonesia menjadi pengirim sawit terbesar ke negara negara di seluruh dunia.

  1. Memperoleh Bahan Baku

Beberapa barang membutuhkan bahan baku sebelum menjadi produk yang siap dibuat dan siap dipasarkan, contohnya adalah baju. Bagaimanapun untuk membuat baju dibutuhkan kain sebagai bahan dasarnya.

Dengan adanya impor, Indonesia bisa membuat produk produk tertentu yang dapat dijual dalam bentuk barang jadi di pasar. Aktivitas impor membantu kita memenuhi kebutuhan bahan baku pembuatan barang tertentu.

  1. Memperoleh Teknologi Modern

Dengan adanya impor, Indonesia diuntungkan dengan hadirnya teknologi dari negara negara seperti Amerika, Jepang dan Eropa yang notabene unggul dalam bidang tersebut.

Teknologi berupa mesin dan peralatan dapat membantu aktivitas masyarakat baik dalam bidang industri, pertanian, kesehatan dan bidang lainnya.

Hadirnya teknologi di Indonesia turut membuat masyarakat menjadi melek teknologi dan bergerak lebih maju.

  1. Menyerap Tenaga Kerja

Dengan adanya aktivitas ekspor impor oleh suatu negara serapan tenaga kerja menjadi lebih tinggi. Orang-orang dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan pabrik memproduksi barang atau tertentu.

Hal ini tentu saja bermanfaat dalam perputaran roda ekonomi di masyarakat, semuanya diuntungkan dengan adanya aktivitas impor ekspor barang.

Itulah tadi beberapa manfaat kegiatan ekspor dan impor barang. Beberapa orang menganggap impor adalah tindakan yang buruk, hal tersebut tentu saja kurang tepat karena bagaimanapun impor memiliki banyak keuntungan di masyarakat.

Adapun, yang harus dikritisi adalah aktivitas impor yang mematikan produksi dalam negeri. Bagaimanapun dengan banjirnya produk-produk impor akan membuat harga produk petani lokal menjadi murah karena banjirnya produk di pasar.

 

RELATED ARTICLES

Cara Mengatasi Gejala Putus Obat

Codein obat apa? Codein adalah pereda nyeri sedang hingga berat. Biasanya obat ini dikombinasikan dengan obat lain untuk mengobati batuk dan mengobati diare. Obat ini termasuk golongan obat analgesik opioid yang dapat membantu meredakan nyeri namun tidak menyembuhkan penyebab atau mempercepat proses pemulihan tubuh dari…

Manfaat Memiliki Custom Jersey Sepeda Untuk Kita

Untuk menjadi pengendara sepeda, rekreasi atau profesional, Anda harus terlihat seperti pengendara sepeda. Jersey sepeda menawarkan tampilan yang sangat berbeda dan pas dengan desain cerah dan bersemangat yang mengekspresikan hobi, hasrat, warna favorit, karakter, dan gaya pengendara sepeda. Kesemapatan kali ini kami akan membahas tentang…

Leave a Reply

Your email address will not be published.