Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong, mengingatkan, pentingnya melakukan liburan ke alam bebas guna meningkatkan imunitas tubuh. Kata Alue, berwisata sambil menikmati keindahan alam merupakan sebuah cara penyembuhan yang efektif terlebih di masa pandemi Covid 19 seperti saat ini. Di mana, konsep alam sebagai sumber penyembuhan ini dikenal sebagai forest healing.

"Memasuki hutan juga dapat melepas stress, dan penat. Dengan melihat keindahan alam, imun juga meningkat," kata Alue kepada awak media di Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Cianjur, Jawa Barat, Rabu (7/4/2021). Alue juga turut mengingatkan tantangan kawasan wisata alam yakni perihal mengelola sampah. Hal tersebut dinilai penting agar para penikmat wisata alam tidak terganggu dengan sampah yang dibuang sembarangan, termasuk di jalur pendakian.

"Apalagi sampahnya yang sulit atau bahkan tidak terurai di alam. Keindahan dan keunikan yang ada di alam, jangan sampai tercemar sampah," ucapnya. Lebih lanjut Alue juga berpesan dengan adanya ekowisata seperti halnya Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) bisa menjadi penggerak green economy di Indonesia. Tak hanya itu, pengelolaan wisata alam juga membuka peluang kerja sehingga berkontribusi terhadap pendapatan masyarakat, daerah, dan negara.

"Jadi paradigmanya yang berubah, tidak perlu mengeksploitasi alam lagi, tetapi dengan menerapkan multi environmental services," kata Alue.

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *