AC Inverter terbaru menawarkan lebih banyak keunggulan kepada konsumen. Penggunaan AC terutama di perkotaan bisa dibilang hampir menjadi kebutuhan utama. Pasalnya di berbagai ruangan sudah dilengkapi AC mulai rumah, kantor, kampus, pustaka dan ruangan lainnya.

Tips Menggunakan AC Inverter yang Baik dan Benar

Meskipun AC dibeli dengan harga terjangkau, bukan berarti bisa digunakan secara sembarangan.  Namanya, produk elektronik wajar saja mudah rusak jika pengguna tidak menjaganya dengan baik. Karena itu agar dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama, perlu menerapkan tips berikut ini.

  1. Gunakan AC Sesuai Kapasitasnya

Semua AC memiliki ukuran PK masing-masing untuk mendinginkan udara. Mulai dari 0,5 PK, 0,75 PK, 1 PK hingga 2 PK. Besar ukuran ini dipilih menyesuaikan ukuran ruangan. Pengguna harus mengetahui luas ruangan yang akan dipasang AC.

Hindari memasang AC inverter di ruangan besar dengan PK kecil. Begitu juga untuk ruangan kecil alangkah lebih baik tidak menggunakan AC dengan PK terlalu besar. Jika penggunaan under capacity, suhu ruangan  membutuhkan waktu yang lama untuk membuat udara dingin.

  1. Setel Suhu Remote yang Tepat

Pengguna harus mengatur suhu yang diinginkan menggunakan remote control AC. Aturlah suhu rendah selama 30 menit pertama. Saat sudah mencapainya, silakan atur kembali dengan suhu nyaman ruangan. Cara ini memudahkan kompresor bekerja dengan baik.

Namun, jika pengguna langsung menyetel suhu paling rendah yang tidak bisa dicapai AC. Hal ini menyebabkan mesin pendingin udara cepat rusak. Sebab kompresor terus berusaha mencapai suhu yang dibutuhkan sesuai remote tersebut.

  1. Jangan Sering Hidup Matikan AC

AC jenis inverter Daikin Indonesia tetap tidak memakan banyak daya listrik jika tak sengaja menekan tombol off. Perlu diperhatikan, dalam kondisi ini sebaiknya tidak langsung menghidupkan kembali AC tersebut. Biarkan dulu beberapa menit agar kompresor dan freon kembali ke kondisi awal. Setelah 5 menit, baru nyalakan kembali.

  1. Tutup Jendela dan Pintu Ruangan

Selama AC dihidupkan, usahakan semua pintu atau jendela di ruangan tersebut ditutup. Kompresor akan terus bekerja hingga mencapai suhu dingin. Jika ruang ventilasi terbuka, otomatis membutuhkan waktu yang lama agar ruangan tersebut dingin. Hal ini bukan menghemat listrik, malah sebaliknya membuatnya membengkak.

  1. Perawatan Secara Berkala

AC merupakan produk elektronik, sama halnya dengan produk lain harus dirawat dengan baik. Tanpa perawatan, semua barang akan cepat rusak. Sebaiknya lakukan service sekitar 3 bulan sekali. Jika malas membersihkan, berbagai debu dan kotoran menempel semakin banyak.

Akibatnya, AC membutuhkan banyak daya untuk mendinginkan udara. Sebab, suhu dingin sudah terhalang debu dan kotoran. Inilah yang menyebabkan pemborosan energi listrik. Maka, perhatikan kebersihan filter AC.

Itulah cara yang benar menggunakan AC inverter terbaru. Penggunaan yang tepat dan perawatan yang benar menjaga ketahanan pendingin udara. Konsumen pasti tidak ingin berkali-kali mengganti AC dengan yang baru hanya karena cepat rusak setiap tahunnya.

 

RELATED ARTICLES

Kelebihan yang Ditawarkan Terapis Panggilan

Jasa panggilan massage menjadi sarana yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah mental dan emosional. Namun, dengan gaya hidup yang sibuk, banyak orang merasa sulit untuk mengalokasikan waktu untuk pergi ke kantor terapis. Inilah mengapa terapis panggilan menjadi alternatif yang menarik, menawarkan kelebihan yang signifikan dalam…

3 Menu Makan Siang dan Cara Membuatnya

Kamu mungkin sekarang ingin belajar memasak atau bahkan lagi kebingungan  untuk memiliki resep masakan yang cocok untuk menu makan siang hari ini. Tenang, anda jangan khawatir karena dalam kesempatan kali ini akan memberikan 3 menu makan siang dan cara membuatnya sebagai berikut: Sup Kimlo Bakso…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *