Sering kali seorang ibu rumah tangga bingung dengan menu masakan yang akan dimasak di setiap harinya. Karena tidak bisa dipungkiri jika kita tentu akan bosan dengan menu masakannya yang itu-itu saja. Terlebih di setiap harinya kita harus memenuhi kebutuhan gizi dan energi anggota keluarga untuk beraktivitas. Nah, salah satu cara untuk mengatasi agar keluarga tidak bosan makan makanan rumah setiap hari adalah dengan menjadwalkan menu yang berbeda di setiap harinya. Dalam artikel kali ini, kami akan merekomendasikan daftar menu masakan sehari-hari yang sederhana dalam seminggu yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

  • Hari Senin

Menu: sayur sop, ayam goreng, tempe goreng

Anda bisa memulai di hari senin dengan menu masakan sehari-hari yang sederhana yaitu sayur sop, ayam goreng, dan tempe goreng. Menu lauk dan sayur tersebut sangat cocok untuk memulai hari Senin yang sibuk. Di mana sayuran di dalam sop mengandung protein dari ayam dan tempe, sehingga para anggota keluarga pun pasti akan berenergi setelah memakannya.

  • Hari Selasa

Menu: oseng kangkung, ayam ungkep, tahu goreng

Mengindari rasa bosan dengan menu sayur berkuah, maka Anda bisa mengganti sop dengan sayur oseng kangkung yang kering. Untuk paduannya, Anda bisa masak lauk ayam ungkep bumbu kuning kemudian digoreng beserta dengan tahu. Variasi dari ketiga menu tersebut dijamin akan membuat semuanya semangat untuk makan sebelum beraktivitas.

  • Hari Rabu

Menu: sayur lodeh, ikan asin goreng, mendoan

Biasanya di hari Rabu keluarga sudah mulai dengan rutinitasnya sehari-hari yang tidak terlalu memusingkan. Karenanya Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memasak sayur lodeh yang diberi kuah santan gurih. Sayur lodeh ini sangat cocok dikombinasikan dengan ikan asin goreng dan mendoan. Di mana ikan asin pun memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi sehingga bisa memberikan energi yang cukup untuk berpikir dan bekerja.

  • Hari Kamis

Menu: capcay, fuyunghai, kerupuk udang

Tidak ada salahnya untuk Anda membuat menu chinese food ke dalam daftar menu masakan sehari-hari yang sederhana dalam seminggu. Hal ini bukan berarti harus selalu menu seafood, namun Anda juga bisa membuat menu yang murah dan sederhana seperti capcay dan fuyunghai. Satu yang jangan dilewatkan yaitu lengkapi dengan kerupuk udang yang renyah.

  • Hari Jumat

Menu: sayur bening, telur dadar, bakwan jagung

Menu untuk hari Jumat akan cocok diisi dengan sayur yang berkuah seperti sayur bening. Untuk campurannya Anda bisa memasukkan beragam sayuran yang memiliki kandungan gizi tinggi. Tak hanya cukup dengan sayur bening saja, Anda pun bisa melengkapinya dengan telur dadar dan bakwan jagung.

  • Hari Sabtu

Menu: sayur asem, sambal goreng teri, bakwan

Nah, ini dia yang banyak ditunggu, menu memasuki akhir pekan tentu harus dilengkapi dengan makanan yang spesial. Sayur asem pun cocok untuk menjadi hidangan yang spesial tersebut. Anda bisa mengkombinasikan sayur-sayuran seperti, jipang, jagung, kacang panjang, dan melinjo. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan lauk sambal goreng dan bakwan sayur.

  • Hari Minggu

Menu: soto ayam, perkedel, tempe goreng crispy

Menu terakhir yang kami rekomendasikan di hari minggu adalah soto ayam. Nah, daripada Anda membeli soto di warung yang hanya bisa sekali makan, Anda bisa membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah sehingga akan lebih hemat. Untuk lauknya, Ada bisa menambahkan soto dengan perkedel dan tempe goreng crispy. Menu ini sangat cocok dimakan bersama keluarga sambil quality time di hari Minggu.

 

 

 

RELATED ARTICLES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *